PERMOHONAN KEPADA TUHAN


Ketika anda sakit, apa yang anda mohon di dalam doa anda? Pada umumnya orang yang sedang sakit akan memohon dalam doanya agar segera diberi kesembuhan. Padahal bisa saja yang tadinya seolah hanya sakit biasa, tetapi ternyata tidak segera sembuh melainkan semakin parah dan akhirnya mengakibatkan kematian. Sebaiknya, ketika sakit yang dimohon di dalam doa bukan agar bisa segera sembuh, tetapi tetap memiliki hati damai, bahkan terus mampu mengembangkan hati damai itu. Kalau sembuh hatinya damai, kalau tetap sakit hatinya juga damai, kalau semakin parah hatinya tetap damai dan kalau akhirnya meninggal juga meninggal benar-benar dalam damai.

Ketika beberapa anggota dhemen pit (dhemit) menjenguk mbakyuku Susetyaningtyas, setelah kami berdoa, kakakku Soetijono mengajak kami menyanyikan kidung lama nomor 140

 

Tyas kita dimen slamanya, bungah asukarena

Dene Sang Rama neng swarga nganggep putra mring kita

Mara tansah abebungah saben dina antuk trang

Dalaning urip endah apadhang mara tansah den girang

 

Setelah selesai bernyanyi ia berkata "ini tekat kami. Terus bergembira. Tetap memiliki hati damai."

Sesungguhnya bagi orang yang sedang sakit, atau menanggung beban, apa pun jenis beban itu dan seberat apa pun beban itu, hati damai itu merupakan kekuatan dahsyat melawan derita karena sakit atau menanggung jenis beban lain. Hati damai itu yang menyalakan bahkan mengobarkan pengharapan, dan pengharapan itu merupakan kekuatan dahsyat dari dalam diri sendiri melawan sakit atau dalam menanggung jenis beban lain itu.




Ki Atma

Komentar