BAJU

 

Fungsi dan faedah baju atau pakaian yang paling utama itu adalah menutupi bagian-bagian raga agar terlindungi dari apa pun yang tidak diinginkan menyentuh atau mengenai raga atau bagian-bagiannya itu, antara lain hawa dingin, atau panas terik, atau basah hujan, atau kumuhnya kotoran, dsb.  Untuk kepentingan ini, warna apa pun tidak mempengaruhi fungsi dan faedah baju atau pakaian.

Pakaian juga berfungsi dan berfaedah untuk keindahan raga. Sekarang, fungsi dan faedah ini yang lebih diutamakan. Untuk kepentingan keindahan raga ini maka pilihan warNa, potongan, bahan menjadi begitu penting sebab menentukan terciptanya keindahan itu. Karena kepentingan keindahan raga ini maka bisnis di sekitar baju atau pakaian menjadi sedemikian marak. Baju atau pakaian pun bisa berharga mahal bahkan sangat mahal ketika dianggap menciptakan sedemikian unggul, melebihi keunggulan yang lain, keindahan raga pemakainya.

Pakaian juga berfungsi sebagai alat pemersatu dan sekaligus pembeda dari yang lain. Untuk kepentingan ini, maka diciptakanlah seragam. Baju dan pakaian warna tertentu, potongan tertentu hanya dipakai oleh kelompok tertentu yang berbeda dari kelompok lain. Putih abu-abu itu adalah anak-anak SMA. Hijau itu tentara. Coklat itu polisi. Koko itu muslim. Hancinco itu petani desa. Hancinco hitam itu sedulur sikep (kaum Samin).

Betapa bangga seseorang bisa memakai seragam tertentu, seolah dengan memakai baju atau pakaian itu maka ia telah naik derajad menjadi bagian atau anggota kelompok itu yang dianggapnya sebagai kelompok elite. Tidak jarang terjadi orang mengelabuhi orang lain dengan memakai seragam tertentu. Ada orang memakai seragam polisi atau tentara, meskipun sejatinya ia bukan polisi atau tentara, karena dengan memakai seragam itu ia dapat melakukan tindakan yang menguntungkan dirinya. Mudah merayu atau membujuk wanita, mudah memeras.

Nah, baju atau pakaian tertentu, tegasnya seragam itu ternyata juga bisa menjadi alat untuk memeras. Juga melakukan teror atau menimbulkan rasa takut pihak lain.

Ternyata baju itu bisa: ah baju!, oh baju!, ihh baju!!!, tapi juga heh? Baju?




Ki Atma

Komentar