Sosok Yoyok


Nama lengkapnya Yoyok Riyo Subagyo. Dialah bupati kabupaten Batang, Jawa Tengah periode 2012-2017. Mulai dikenal secara nasional setelah menerima penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Awards (BHACA) 2015. Penghargaan yang sama dengan yang diterima Ahok pada 2013.


Sudah banyak tulisan tentang sosok pemimpin muda ini. Latar belakangnya memang menarik untuk ditilik. Dari dunia militer dengan pangkat mayor dia banting stir menjadi pengusaha distro, sebelum "tersesat" menjadi bupati Batang. Belum lagi setelah lima tahun menjabat dia mengangkat sumpah tidak mau dicalonkan lagi. Bahkan bila dalam waktu tiga tahun masa jabatan tak ada perubahan signifikan bagi Kabupaten Batang, dia pun sudah ancang-ancang mundur.


Tidak banyak sosok pemimpin seperti pria kelahiran 23 April 1972 ini. Dari acara AIMAN Kompas TV aku sungguh menikmati gaya kepemimpinan dan komunikasi bupati yang tidak mau dibelikan inventaris mobil baru ini.


Kemana-mana lebih suka naik jeep antik atau sepeda motor saja. Semuanya disesuaikan dengan keadaan. Seperti acara malam itu, dia memilih naik jeep bersama Aiman, dalam rangka blusukan ke rumah warganya yang butuh perhatian ekstra. Namun demikian, tak segan pula ia bersepeda menuju Alun-alun Kota ketika hendak shalat berjamaah.


Ada yang menarik dari sosok penerima ISO 27001 mengenai Information Security Management System ini. Jiwanya yang selalu berapi-api. Semangat dan antusiasme yang terus bergelora. Ini nampak dalam keberanian mengambil tantangan kehidupan. Suatu hal yang hanya dimiliki oleh orang yang bermental baja dan penuh keyakinan.


Ketika ditantang Aiman,"Anda masih muda, memutuskan hanya maju sekali pilihan bupati, nanti bagaimana mencukupi kebutuhan anak-istri?" Pertanyaan serius dari Aiman ini cukup dijawab dengan tertawa dilanjutkan kutipan dari kebijaksanaan alam. "Lha wong manuk-manuk neng awang-awang kae wae ora kekurangan pangan e Mas... ngapa kuwatir? Tidak jadi bupati, masih banyak yang bisa saya kerjakan untuk menafkahi anak-istri."


Kata-kata magis, penuh optimis, yang pantas diwartakan kepada setiap generasi bangsa ini. Itulah sekelumit sosok Yoyok, sang penyebar semangat dan berhati hangat. |seti