CEMBURU

Cemburu itu rasa tidak senang kepada orang lain karena iri orang lain lebih beruntung atau memiliki hal yang diinginkan orang yang cemburu itu. Cemburu itu bisa terkait dengan masalah ekonomi, cemburu kepada orang yang kaya, tetapi yang paling sering cemburu itu terkait dengan masalah cinta.

 

Orang yang cemburu karena cinta, bisa terjadi menyebabkan dia patah hati lalu bunuh diri, tetapi bisa juga menyebabkan kemarahan yang meluap dan melampaiaskannya dengan menganiaya orang yang dicemburui itu. Di bak belakang sebuah truk tertulis "JIKA PACARMU LARI KEPELUKAN ORANG LAIN SAMPLUKEN NDASE NDHAK TUMAN…!!!"

 

Mungkin cemburu itu wajar. Akan tetapi melakukan tindak kekerasan karena cemburu itu sangat salah sekali. Selayaknya waspada kepada diri, sehingga juga sadar ketika rasa cemburu mulai muncul lalu mengawasi rasa itu agar justru dapat dikelola sehingga makin lama makin mengilang dengan sendirinya. Sedangkan melakukan tindak kekerasan apa pun alasannya, terlebih karena alasan cemburu itu sungguh merugikan diri sendiri. Itu menunjukkan hati yang kotor bahkan busuk.  Kalau orang yang dicintai lari ke pelukan orang lain, misalnya, itu berarti memang bukan jodoh, dan ia memang mempunyai kebebasannya untuk lari ke pelukan orang lain itu. Sebab ia bukan robot. Memang orang bisa saja menilai bahkan menghukumi bahwa ia tidak bermoral, tetapi tetap saja ia mempunyai hak dan kebebasannya untuk menentukan cara atau jalan hidup pilihannya sendiri.

 

Jadi, YEN CEMBURU PILIHA TURU, timbang nyampluk endhas

 

Ki Atma