Senyum itu Ilahi

ekspresi anak-anak SD Tumbuh, di "hari bawa bekal sedunia"

Charlie Chaplin yang selalu bertingkah lucu di film bisu pernah menuliskan lirik lagu: 
"Smile, though your heart is aching
Smile, even though it’s breaking
That’s the time you must keep on trying
Smile what’s the use of crying
You’ll find that life is still worthwhile
If you’ll just smile..
."
Tahukah kamu, bahwa anak-anak tersenyum lebih dari 400x sehari sedangkan orang dewasa rata-rata hanya 20x sehari, bahkan 14 persennya tersenyum hanya 5x sehari! How miserable... 
Padahal tersenyum adalah salah satu kekuatan super yang dapat dengan mudah menular. Bahkan, dengan senyum pura-pura pun dapat menyebabkan perasaan kita menjadi lebih baik.
Bayangkan dahsyatnya! Satu senyuman bisa menghasilkan tingkatan yang sama dari stimulasi otak sebagaimana kita mengkonsumsi 2000 batang cokelat! senyum dapat mengurangi tingkatan dari hormon peningkat stress seperti kortisol, dophamine dan adrenaline, serta meningkatkan hormon peningkat suasana hati endorphine dan mengurangi tekanan darah. Dan bukankah tersenyum membuat penampilan kita lebih baik? jadi jangan jutek-jutek biar gak jadi jelek.

Agama sebenarnya banyak menganjurkan dan meneladankan senyum. Muhammad, Sang Nabi yang tampan itu, konon memiliki senyum menawan. Membuat siapapun yang melihat dan dijumpainya merasakan keteduhan. Yesus, orang Nazaret itu, semestinya murah senyum. Walau narasi kitab suci mengesankannya 'dingin'. Yesus pasti banyak senyum dan murah canda. Bayangkan saja perjumpaan Yesus dengan begitu banyak manusia, terutama orang-orang sederhana nan papa. Pastilah Yesus membagi senyum-sapa-Nya pula.

Budha? Jelas, ia tersenyum. The smiling Buddha adalah ikon terkenal. Konon, mengapa Sang Budha digambarkan tersenyum, adalah karena ia sedang mengajarkan manusia untuk hidup here and now. Sekarang dan di sini. Walau kelam masa lalu, walu masa depan tak tentu. Bahagia adalah menikmati saat ini. Karena hanya saat ini yang kita miliki.Senyum adalah ekspresi syukur itu.

Jelas, senyum itu ilahi.


_dessy & argo