Claudia Larasati Hangayomi Toding

Ibu Hj. Sogiyem, ibu dukuh Temben, malam itu mengumumkan nama cucu Pak Darto, putri dari Bp./Ibu Michael Toding. Sesaat sebelum sembahyangan syukur dimulai. Putri pasangan Jawa-Toraja yang tinggal di Papua itu diberi senjata nama: Claudia Larasati Hangayomi Toding.


Claudia berarti perempuan yang selalu diberkati Tuhan. Larasati adalah hati yang memesona. Tentu terpesona akan berkat Tuhan. Sekedar informasi, Mbak Purwanti -ibunda Claudia- melahirkan pada usia hampir 40 tahun. Tentu kelahiran putri mungil itu sungguh memesona jiwa. Hangayomi berarti melindungi. Toding adalah nama marga dari sang ayah.


Dalam nama Claudia Larasati Hangayomi Toding ada doa dan harapan. Doa yang menegaskan keyakinan orang tua akan anaknya.  Claudia Larasati Hangayomi Toding adalah anak yang memesona jiwa, perempuan yang selalu diberkati Tuhan. Tuhan pula sumber pertolongan, sang pelindung bagi keluarga.


Dengan makna nama itu, semua yang hadir dalam sembahyangan diajak menyaksikan kebaikan Tuhan. Bahwa setiap kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. (2 Timotius 3:17). Pemahaman ini selaras dengan pengajaran dalam tradisi Buddhisme Nichiren. "Nama akan selalu mengundang segala berkah dari nama tersebut.”


Betapa pentingnya nama. Tuhan pun memanggil dengan nama kita.
"Dengar Dia panggil nama saya
dengar Dia panggil namamu..."
Dia memanggil tentu punya tujuan. Tidak lain, supaya semua orang Kristen, berstatus apa pun, dipanggil kepada kepenuhan hidup Kristen dan kesempurnaan cinta kasih untuk menyerupai Kristus. |seti