bangun


tumben saya bangun pagi.

saya sedang baca perikop tentang lazarus [yohanes 12:9-11], orang yang pernah dibangunkan yesus dari tidur abadinya. dia pernah dibangunkan setelah 4 hari di kuburan. ada saksinya, banyak malah.
dan perikop ini berkisah tentang lazarus yang sudah bangun berikut konsekuensi dari kebangunannya.

yesus ke betania, ke rumah lazarus.
di sana ia dilayani oleh maria dan marta. orang banyak tahu itu. juga para imam kepala tahu. mereka pun ke sana.
ada dua kepentingan mengapa orang banyak pergi ke sana: satu ingin melihat yesus yang sudah membangkitkan lazarus dan satunya yang mencari yesus dan lazarus untuk membunuh mereka berdua. lazarus masuk daftar yang akan dibunuh "karena dia maka banyak orang yahudi meninggalkan mereka dan percaya pada yesus" [ay. 11]
agaknya, mengapa lazarus masuk daftar, rupanya selama ini ia tidak tinggal diam setelah dibangkitkan yesus. dia cerita ke banyak orang dan kesaksiannya itu meyakinkan. lazarus telah jadi orang yang lahir baru, dan aktif mewartakan hidupnya yang baru.

apa yang saya mengerti tentang BANGUN? 
saya bekerja di dunia arsitektur. pernah jadi tukang, pernah pula jadi perancang. tukang itu disebut tektoon atau pembangun, sedangkan perancang itu disebut architektoon atau tukang kepala. dan kami akrab dengan istilah BANGUN, MEMBANGUN dan BANGUNAN.

membangun itu tindakan yang merangkai, menghubungkan elemen2 material agar menjadi struktur tegak yang lebih kompleks. seperti kita tahu, setiap material berkecenderunagan rebah ke tanah oleh gravitasi, dan pembangun haruslah membikinnya jadi suatu yang baru yang tegak di muka bumi.
bila di toko ia dinamai kayu, pasir, kerikil, batu, bata dsb. maka oleh perbuatan tukang atau pembangun maka material itu diubah statusnya menjadi tiang, balok, usuk, tembok, dsb. tindakan membangun memberi nama baru, identitas baru, status baru pada materialnya.

oleh pengetahuan dan ketrampilannya, seorang pembangun mengubah material jadi bangunan.
bangunan, adalah 'makhluk baru' yang punya identitas baru karena perbuatan tukang dan tukang kepala atau architektoon tadi. ia memperlihatkan identitasnya yang baru dengan material yang sudah ada sebelumnya tapi yang selama ini hanya tersimpan sebagai potensi. lewat tindakan membangun, ia seperti dikupas selubungnya sehingga nampak siapa dirinya sekarang.
mengupas itu -kata martin heidegger- adalah aletheia, yang sering kita pahami sbagai kebenaran, yakni tersingkapnya identitas sesuatu setelah dikenai perbuatan membangun atau membuat. ini tindakan penciptaan.
tidak heran bila tuhan sering digambarkan sebagai arsitek, pembangun, karena ia membuat sesuatu jadi, sesuatu tersingkap, ada.

lazarus mengalami proses menjadi ciptaan yang baru.
dengan kekuatan kreatif yang bekerja padanya itu ia lalu bercerita mengenai dirinya pada orang-orang sekitarnya, dengan penuh risiko. bahkan, tanpa bercerita pun orang-orang pada tahu bahwa dirinya adalah 'bangunan' baru, karna tindakan mujizat yang dilakukan yesus. lihatlah, the power of truth, kuasa kebenaran atau aletheia itu hidup dan bekerja dalam diri lazarus.

saya ini tukang tidur. ngorokan lagi. di gereja pun tidur. heran juga saya, arsitek yang konon sering begadang kok ngantukan gini..
jadi,
bila saya sekarang bisa bangun sepagi ini, pasti karena ada kekuatan besar yang telah membikinnya.
mujizat, mungkin itu namanya...

--
anto