peziarahan tentang yesus

Jesus: A PilgrimageJesus: A Pilgrimage by James Martin
My rating: 5 of 5 stars

mengapa saya membeli ebook ini?
tidak lain karena kecanduan.
kecanduan tulisan-tulisan james martin yang lucu dan ringan.
sebagai seorang imam jesuit, james martin adalah penulis yang saya butuhkan: membahasakan iman kristiani yang sudah punya sejarah panjang itu ke dalam bahasa masa kini yang ringan dan menarik.
seperti diketahui, iman kristen sudah menempuh perjalanan panjang. tidak lagi terkurung dalam batasan etnik yahudi abad pertama. ia dulu yang sangat berwarna eropa dan kini sangat berwarna lokal.
pemahaman mengenai jesus pun, tokoh sentral dalam iman itu, menempuh perjalanan yang tidak lempeng. dipahami berulang-ulang, di tempat dan jaman yang berbeda-beda. tidak lain demi agar "berita baik" atau injil itu berakar tumbuh dan berbuah di tempat di mana ia ditabur, di jaman di mana ia diberitakan.
karena itu, tidak salah bila james martin mengambil judul "jesus: suatu ziarah". suatu model pemahaman yang mengalami proses.

berbeda dari tulisan-tulisan tentang historical jesus, yang ini tergolong lunak dan enak dibaca. sumber-sumber tentang histoical jesus sebelumnya sudah diketahui oleh james martin. tapi dia memilih untuk kompromistik.
saya menduga dia ingin menjadikan buku ini tetap sebagai bacaan orang beriman, buka cuma studi sejarah kristologi.
buku ini lebih cocok disebut sebagai historiografi dari historical jesus, bukan sejarah tentang jesus, sebab yang jadi subject adalah perkembangan pemahaman orang dalam memahami yesus.
saya kasih lima bintang, karena seperti biasa, james martin selain menguasai subjectnya juga mampu menyajikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti.
beliau ini imam yang berbakat menulis, memang!


View all my reviews