kristus dan buddha

Without Buddha I Could not be a ChristianWithout Buddha I Could not be a Christian by Paul F. Knitter
My rating: 4 of 5 stars

sudah lama pengen buku yang seperti ini.
tapi baru dapet ebooknya yang dijual murah.
[teknologi informasi telah membikin murah mediumnya, sementara contentnya yang berharga itu terdistribusi tanpa berkurang mutunya.]

buddhism menarik saya karena teman-teman saya yang menganutnya hidupnya pantas diteladani. baik di sini maupun di jepang sana. juga perjumpaan saya dengan mahatera pannavaro di sela-sela pembukaan pameran sahabatnya. mereka golongan orang baik-baik.

segi-segi tertentu ajaran buddha juga sudah banyak dijalani oleh para imam katolik maupun pendeta kristen. kontribusinya besar sekali dalam menjalani hidup beriman secara otentik. tidak melulu jadi pengikut pasif.

buku ini lebih jauh lagi. ditulis oleh seorang teolog, mantan imam katolik roma yang kemudian menikah dengan seorang buddhist. yang kemudian aktif dalam dialog antar iman. ia mengaku menulis ini untuk kepentingan pribadi, tapi kita bisa mengikuti pergulatannya dalam memahami buddhism. ia suka dipanggil seorang kristen buddhist!

kehendak untuk memahami pihak lain, cara berpikir lain, pandangan lain, tentu akan membuat pengalaman iman kita sendiri jadi kaya dan otentik. iman yang otentik itu bertanggung jawab, karena dirumuskan sendiri bersama sejarah pribadi kita. unik.

saya baru mulai baca dan berharap ada pengayaan batin dari refleksi atas kesaksian paul knitter ini.


View all my reviews