hidup bersama para suci

My Life With the SaintsMy Life With the Saints by James Martin
My rating: 4 of 5 stars

memang bagus!
panteslah kalau buku ini mendapat berbagai penghargaan.
[sebenernya itu sih alasan aku beli buku ini: karena direkomendasikan bagus oleh berbagai reviewer. biasalaah... beli buku dengan uang saku terbatas memang perlu selektif]

kumpulan renungan atas biografi para tokoh historis dalam gereja katolik roma ini digunakan untuk menerangi pengalaman hidup penulisnya sendiri. seorang imam jesuit.
para tokoh historis itu tadi ada yang sudah dibeatifikasi, dinyatakan kudus, ada pula yang belum. tapi itu tidak masalah.
yang penting, bahwa itu semua memperlihatkan bahwa ada proses belajar dan berubah yang terus menerus dikerjakan di kalangan gereja katolik agar gereja dan ajarannya itu tetap bisa mendampingi dunia yang juga terus berubah.
perubahan-perubahan yang bisa jadi aktornya berada di luar gereja, maupun dari dalam gereja sendir. ada beberapa paus, juga pemikir dari dalam gereja katolik roma, yang punya kontribusi positif bagi perubahan dunia modern yang kini kita tinggali ini.

membahagiakan sekali bisa mengikuti pergulatan, misalnya ignatius loyola, paus pius yang mengawali konsili vatikan kedua dsb., yang membuat "berita baik" [injil] jadi relevan dengan situasi masanya, bahkan membawa perubahan dunia yang lebih manusiawi, adil dan damai.
gereja katolik dan ajarannya tidak terhenti di dua ribu tahun yang lalu, tidak terhenti di ayat-ayat dalam buku sucinya.
lha ngapain memuja-muja buku? sesuci apa pun, sehebat apa pun buku itu.

meski baru beberapa bagian yang terbaca, tapi saya puas sekali dengan buku ini.
saya yakin, pembacaan berikut juga tidak akan mengurangi jumlah bintang yang hari ini saya pasang di sini.


View all my reviews