fransiskus dan serigala

Pope Francis Among the Wolves: The Inside Story of a RevolutionPope Francis Among the Wolves: The Inside Story of a Revolution by Marco Politi
My rating: 4 of 5 stars

sebagaimana tradisi vatican,
terpilihnya paus baru selalu disertai penerbitan buku entah mengenai pemikiran teologisnya, kebiasaan personalnya,... pendeknya informasi mengenai pimpinan dari organisasi paling terpusat dan penuh rahasia di dunia ini.
demikian pula dengan buku ini. yang terbit kurang lebih bersamaan dengan terbitnya banyak buku lain dengan topik serupa: mengenalkan pemimpin tertinggi umat kristen yang berpusat di roma.
tiap buku mengambil perspektif yang diusahakan unik. dan buku ini memberi judul bagus sekali: "paus fransiskus di antara serigala-serigala"

judul buku sudah menjelaskan bahwa buku ini akan mendudukkan topik terpilihnya bergoglio sebagai paus dan mengambil nama fransiskus, sebagai respons gereja katolik dalam upaya membersihkan diri dari korupsi dan berbagai skandal yang selama ini tersembunyi.
buku ini mencitrakan paus baru sebagai st.fransiskus asisi masa kini, yang seperti dulu merasa terpanggil untuk merenovasi gereja. membangun ulang gereja yang mulai rapuh karena kejahatan-kejahatan internalnya. dan sekarang, bergoglio yang menyandang nama fransiskus pun mengemban tugas yang sama.
kesamaan itu lebih lanjut diintensifkan dengan judul yang mirip dialami st. fransiskus dulu. bila dulu beliau bisa menjinakkan serigala yang ngamuk, maka kini paus fransiskus diminta juga menundukkan "serigala2 yang mengamuk "di dalam gerejanya.

saya senang buku ini karena meskipun dikisahkan dengan biasa tapi ada keterbukaan gereja untuk mengoreksi diri sendiri dengan membiarkan kasusnya ke publik dan meminta partisipasi publik untuk ikut mengawasi. paling tidak, ucapan bergoglio beberapa saat setelah diangkat jadi paus, ia meminta agar didoakan oleh umat. peristiwa langka yang menandai momen transparansi organisasi keagamaan paling terpusat dan misterius ini.


View all my reviews