demi nama rosa

The Name of the RoseThe Name of the Rose by Umberto Eco
My rating: 5 of 5 stars

ini sih selintas kayak cerita detektif biasa. tapi, struktur ceritanya mirip labirin borges [nama ini dipake juga oleh eco sebagai salah satu nama tokoh kunci. demikian pula perpustakaan sebagai setting utama buku ini dibayangkan mirip labirin. inget karya jorge louis borges "labyrinth"].
yang penting, eco punya banyak sekali data atau informasi mengenai kehidupan abad pertengahan di eropa, italia khususnya, sehingga karakter yang dibangun itu kuat, hidup, dan visual banget!

debat antara baskerville dengan rahib jorge mengenai existensi buku kedua aristoteles "poetics" cukup lucu, meski pun adegannya menegangkan.
"bukankah menurut aristoteles komedi itu adalah salah satu sifat tuhan?"
"emang kamu sudah membaca bagian kedua itu? bagian itu tidak pernah ada!"
bagian kedua dari buku "poetics" memang dinyatakan hilang, tapi di novel ini buku tadi rupanya tersimpan di perpustakaan labirin rahib jorge, yang di akhir cerita akan terbakar berikut seluruh isi perpustakaannya.

yang sedikit-sedkit kenal bahasa latin dan gerika bisa diperkaya oleh pilihan nama tempat, orang yang ternyata menyumbang pada pengayaan imajinasi pembaca. kadang eco melucu dengan permainan bahasa ini, yang di buku ini diperankan oleh si bungkuk salvatore. orang yang bicara dengan bahasa campur-campur.
tabiat yang muncul lagi di novelnya yang lain " baudolino"
keren deh!

View all my reviews